FSodic.com - Selamat malam semua, apa kabar hari ini? Semoga baik pastinya. Sudah lama sejak posting terakhir saya di blog lama ini, saya kembali hadir menyapa kalian semua. Kali ini saya kembali dengan sebuah post Sintak Dasar yaitu PHP Tags dan Echo. Seperti yang kalian ketahui, PHP adalah sebuah bahasa server side (Sisi server) yang termasuk populer digunakan disitus-situs besar. Sehingga kalian yang memiliki niat untuk menjadi programmer web juga wajib menguasai bahasa ini.

Kita mulai dari PHP tags, PHP Tags ini berfungsi memberitahu server bahwa program yang kalian jalankan adalah PHP. PHP Tags sendiri ditulis dengan awalan <?php dan diakhiri ?>. Sebagai referensi tambah yang perlu kalian ketahui, tag penutup php (Closing Tag) tidak perlu dituliskan apabila kalian membuat program yang semuanya menggunakan bahasa PHP.

Selanjutnya adalah echo, Echo sendiri adalah sebuah Function atau juga bukan function dimana ini berfungsi untuk menampilkan apa yang kalian tuliskan atau apa yang ingin kalian tampilkan dalam situs yang akan dibaca dari sisi client (Client side). Untuk penjelasan Echo sendiri sedikit membingungkan, tetapi saya rasa kalian mengetahui apa yang saya maksud diatas. Sedikit yang perlu kalian ketahui, selain echo ada juga function lain yang memiliki fungsi serupa yaitu print(). Tetapi untuk kinerja yang lebih baik dalam pembacaan program saya sangat merekomendasikan kalian menggunakan echo.

Nah, berikut saya berikan contoh dari PHP Tags dan echo ini:

<?php
echo 'Halo kawan FSodic.com';
?>

Dari contoh diatas, kita akan mendapatkan hasil seperti ini:
Sintak Dasar PHP Tags

Bagaimana, cukup mudah kan?
Untuk sesi kali ini saya rasa cukup sampai disini dan nantikan artikel-artikel selanjutnya di www.fsodic.com dan selamat beraktifitas.