Selamat pagi mblo, apa kabar kalian hari ini? Semoga baik selalu pastinya. Pagi ini saya kembali melanjutkan artikel PHP tentang tipe dimana pada artikel sebelumnya kita telah membahas bagian 1 yaitu Skalar atau nilai. Nah kali ini kita akan membahas 4 Tipe data lainnya yang masuk dari kelompok gabungan. Kelompok ini sendiri berisi Array, Object, Callable, dan Iterables.

1. Array:
tipe data Array di PHP sendiri sebenarnya adalah sebuah peta berurutan. Peta disini berarti jenis yang menghubungkan nilai-nilai (Values) ke masing-masing Kunci (Keys). Nah, Array ini sangat efektif ketika kalian ingin menyimpan sebuah data list atau daftar, kamus atau data berurutan (Antri).
Sebagai contoh Array sederhana:

<?php

$nama 
= array(
'depan' => 'Fajar',
'belakang' => 'Sodik'
);

echo 
'Nama Depan: '.$nama['depan'].'<br />
Nama Belakang: '
.$nama['belakang'].'';
?>

Dari contoh diatas akan kita dapatkan hasil:
FSodic.com - PHP Tipe Data Array

2. Object
Tipe data Object adalah sebuah tipe data yang tidak hanya bisa digunakan untuk menyimpan data seperti array melainkan bisa untuk mengisi informasi-informasi lainnya. Untuk membuat object ini kita hanya perlu menambahkan statment new yang mengarah ke class.
Sebagai contoh sederhana:

<?php
class info
{
    function 
nama()
    {
        return 
'Fajar Sodik'
    }
}

$info = new info;
echo 
'Nama Lengkap : '.$info->nama().'';
?>

Dari contoh diatas kita akan mendapatkan hasil berikut:
FSodic.com - PHP Tipe Data Object

3. Callable atau Callback
Mulai dari PHP versi 5.4 Callback bisa merujuk Callable dimana ini berarti bisa memanggil secara berulang. Sebagai contoh kita akan membuat Panggilan berulang dengan angka seperti ini:

<?php
$selisih 
= function($a) {
    return 
$a 2;
};
$angka range(14);

$angkaBerulang array_map($selisih$angka);

echo 
implode(' '$angkaBerulang);
?>

Dari contoh diatas, kita akan mendaptakan nilai berulang dengan perbedaan 2 dimana rentan yang kita ambil nilai ke-1 hingga ke-4 seperti ini:
FSodic.com - PHP Tipe Data Callback atau Callable

Untuk Callback sendiri akan sangat sulit ketika kalian hanya memahami pengertiannya, jadi kalian harus memahami pengertian dan contoh diatas.

4. Iterable
Iterable adalah sebuah pseudo-type yang hadir sejak PHP 7.1. Nah Iterable sendiri bisa digunakan sebagai parameter atau perujuk sebuah Function yang membutuhkan nilai-nilai yang tidak memerlukan bentuk-bentuk nilainya yang mana Iterable ini akan menggunkan foreach. Untuk Contoh pada bagian ini akan kita bahas dilain waktu

Oke mudah dipahami bukan dari 3 pengertian diatas? Untuk kalian saya ucapkan selamat beraktifitas kembali dan sampai jumpa lagi dilain waktu.